TIPS : Pengurusan Persyaratan Seleksi Masuk Magister ITS



Hay gues. Kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman dalam persiapan dan pendaftran tes program magister ITS. ITS merupakan perguruan tinggi yang tidak asing lagi bagi kita semua. Yap benar sekali ITS merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air. Maka tidak heran kampus ITS menjadi salah satu rujukan utama dalam memilih perguruan tinggi khususnya yang berjurusan teknik.
Saya akan berbagi pengalaman kepada kawan-kawan sekalian dalam menyiapkan tes masuk khusus program magister ITS. Yup langsung saja kita simak
  1. Pertama-tama perlu temen-temen ketahui bahwa ITS setiap tahunnya membuka 2 kali seleksi masuk perguruan tinggi, yaitu seleksi masuk disemester ganjil (biasaya pendaftaran sampai tes antara bulan April sampai juli), dan seleksi masuk di semester genap (antara bulan 10 – 12). Dan pastikan kawan-kawan sudah mengambil ancang-ancang untuk mengikuti tes di semester ganjil atau genap.
Dari pengalaman saya, yang paling penting adalah simpan jadwal penerimaan dan                 tanggal-tanggal penting seleksi sehingga kita punya waktu untuk menyiapkan                       persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan… untuk jadwal silahkan buka di website               resmi pasccasarjana its www.pasca.its.ac.id
  1. Setelah kita mengantongi jadwal-jadwal penting selanjutnya persiapka persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratanyapun terdapat di website tersebut. Diantaranya rekomendasi 3 dosen, toefl, TPA ITS / TPA OTTO Bapenas surat keterangan sehat dokter, fomat formulir dll (silahkan buka websitenya biar lebih jelas)
  1. Saya akan fokus ke persyaratan TOEFL dan TPA. Dimana Syarat TOEFL 477 dan TPA min 400. Bagi kawan-kawan yang S1 diluar ITS hanya beberapa Kampus yang diakui nilai toeflnya yaitu sebagian kampus dengan akreditasi kampus A (lihat daftarnya di websaitenya yah… ^_^)
Bagi kawan kawan yanng nilai toeflnya masih dibawah 477 berusaha belajar lagi deh sampai bisa menyentuh 477 ikut les privat kalo perlu pengajarnya sekaligus 3 biar anti mainstrime.hehe
Namun jikalau sudah jungkir balik, banting tulang, tetap blm menyentuh 477 jangan khawatir kemungkinan lulus masih ada namun dengan catatan tes tulis dan wawancara bisa dilewati dengan mulus semulus jalan tol. Hehe. Namun dengan konsekwensi ketika lulus wajib mengikuti kuliah penyegaran bahasa inggris dengan biaya tambahan di tahun 2016 sih biayanya 400.000
Dan untuk TPA (Tes potensi akademik) saran saya lebih baik ikut TPA yag diadakan ITS lebih murah ketimbang TPA OTTO Bapenas. Tes TPA ITS membayar di bank 75.000 sedangkan TPA OTTO Bapenas hampir 300.000.
  1. Setelah persyaratan-persyaratan telah diselesaikan. Selanjutnya lakukan registrasi online. Sebelum melakukan registrasi online terlebih dahulu anda lakukan pembayaran pendaftaran magister its sebesar 500.000 ke bank BNI dll yang menjadi mitra ITS untuk mendapatkan kode user dan pasword login pendaftaran.
lakukan pendaftaran online di www.smits.its.ac.id
  1. Selanjutnya isi biodata lengkap sejujur-jujurnya di web pendaftran online dan cek kembali untuk memastikan tidak ada hal yang terlewatkan dalam mengisi borong pendaftaran selanjutnya klik submit/mendaftar akan muncul kartu pendaftran.
  2. Munculnya kartu pendaftaran menandakan anda telah berhasil mendaftar dan selanjutya disiapkan untuk melakukan tes tulis dan wawancara…
  3. dan yang terakhir yang paling sering ditanyakan masalah kuota program magister. di ITS gak muluk muluk, yang penting sesuai dengan kriteria maka akan lulus, pastikan kriteria di persyaratan terpenuhi dan juga kriteria ujian tulis dan wawancaranya meyakinkan yah….
Semoga sukses diberi kelancaran dalam pengurusanya sob….
Untuk pengalaman tes tulis dan wawancara akan saya update di tulisan selanjutnya…. bye bye….

Semoga bermnfaat

Komentar