Biaya Hidup kota Surabaya

Biaya Hidup kota Surabaya



Hay guys... bagi anda yang akan merencanakan hidup di Kota Surabaya, entah akan studi, bekerja ataupun sekedar melancong di kota pahlawan, mungkin informasi ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian.
Surabaya menjadi magnet tersendiri untuk dikunjungi selain karena kota terbesar kedua di indonesia namun juga kualitas pendidikan yang  baik. Terdapat kampus-kampus top indoensia terdapat di Surabaya seperti ITS, UNAIR, UNESA dan lain sebagainya. Selain pendidikan surabaya juga terdapat perusahan-perusahaan yang menjadi daya tarik pemburu kerja  seperti  Jawa Pos, Maspion Group, Unilever Indonesia, hingga PT PAL Indonesia. Selain hal tersebut Surabaya dengan penduduk mencapai 3jt jiwa menajdi tempat perantauan untuk berwirausaha. Namun dengan begitu kompleksnya kota Surabaya berapa biaya hidup kota surabaya.
Sobat sekalian pada tahun 2019 UMK Surabaya sebesar 3,8 juta. Namun prtanyaannya Apakah kita harus punya duit 3,8 untuk hidup layak di Surabaya.?
Jawabnya tergantung situasi dan kondisi. Pola hidup akan mempengaruhi apakah cukup dengan duit 3,8 juta. Jawabnya jika hanya sekedar hidup dan tidak terbawa dangan gaya duit 3,8 juta menjadi sangat cukup sekali.

1. Biaya Makan

Biaya makanan di surabaya bervariasi mulai paling murah 5 ribu sapai ratusan ribu pun ada. Saya akan bahas biaya paling murah. Biaya makan paling murah sudah jelas terdapat pada sekitaran kampus. Khususnya di kampus ITS dan UNESA. Harga makanan di daerah kampus ini masih ada harga makanan seharga 5 ribu deangn menu Nasi, sayu dan gorengan Tempe/tahu 2 buah. Warung-warung ini paling terkenal dikalangan mahasisawa ITS. Adapun warung tersebut bernama Warung fadhilah, Barokah, Mba sieh, Mba khol. Warung – warung ini yang masih menyediakan makanan termurah sejagat Surabaya dengan porsi mahasiswa Untuk biaya makan di daerah lain harga minimal 15rb namun akan lebih murah berada di surabaya barat seperti benowo dan surabaya selatan di daerah waru dan perbatasan dengan sidoearjo. Warung-warung termurah di kota surabaya khususnya di daerah kampus ITS sudah saya posting di tulisan sebelumnya di

2. Biaya Tempat tinggal

Biaya tempat tinggal kos dan kontrakan bervariasi di setiap daerah. Kontrakan rumah dan kos termurah berada di daerah surabaya selatan, surabaya barat dan surabaya utara. Kontrakan dengan 1 kmar tidur dan Kamar mandi dalam haraga minimal rata-rata 7 juta/tahun dengan ukuran 3 x 6 meter. Namun didaerah surabaya timur, tengah harga segitu sudah sangat jarang didapatkan kecuali anda berutung.
Untuk kos-kosan dengan kamar mandi diluar harga rata-rata 500k/ bulan. Namun kebanyakan kos-kosan biasanya harus bayar perperiode 6 bulanan atau satu tahun. Tinggal bagaimana anda meloby ibu kos agar bisa dibayar per 3 bulan ataupun jika ibu kos baik anda bisa membayar perbulan.

3. Biaya Refreshing

Surabaya memiliki tempat refreshing yang cukup banyak dan murah. Tempat refreshing mulai dari 2 ribu (hanya bayar parkir) sampai yang 100 ribu pun ada. Surabaya memiliki banyak taman-taman yang dapat menjadi tempat refreshing selain mall tentunya... selain taman ada situ-situs sejarah yang biaya asuk terjangkau seprti tugu pahlasawan yang terdapat musium didalamnya serta berbagai makam pahlawan yang saat ini digalakan teradapat musium pahlawan nya.
Tempat tempat refreshing  insyaAllah akan saya ulas di tulisan selanjutnya.

Jadi biaya hidup disurabaya dengan UMK 3,8 juta sudah sangat layak berada di surabaya, tinggal bagaimana kita mengatur KAS pemasukan. Semoga tulisan ini bermafaat.

Komentar