TES TULIS & WAWANCARA SELEKSI MAGISTER ITS

Hey gueys…. sesuai dengan janji saya kemarin, saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti seleksi masuk magister ITS tepatnya jurusan Teknik Lingkungan.
Setelah berlelah-lelah mengurus persyaratan awal untuk pendaftaran mulai dari mondar mandir dari tempat kerja ke kampus mengurus rekomendasi dosen, akreditasi jurusan, universitas, tes toefl, Tes TPA, cek kesehatan dan lain sebagainya akhirnya selesai. Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu untuk seleksi pun tiba. Berbagai referensi saya cari di internet terkait seleksi masuk Magister ITS namun saya kurang beruntung tidak mendapaatkan informasi sedikitpun terkait seleksi masuk ITS, berapa soalnya, soalnya bagaimana, kuotanya berapa maupun sistem penialaiannya seperti apa dan disini saya harus usaha lebih untuk mengumpulkan informasi tentang seleksi masuk tersebut.
Akhirnya saya bertanya-tanyalah kepada petugas pendaftaran dan juga sedikit TePe TePe kepada mahasiswa magister… yah sok kenal gitulah….. hahahaha setelah mengumpulkan informasi yang saya rasa cukup. Saya mulai melakukan penyesuaian dengan informasi yang saya terima saya pelajari bagian-bagian kejurusan sesuai dengan informasi, karna gak mungkin kan sya pelajari ulang matakuliah dari semester 1 sampai 7 butuh waktu 4 tahun untuk menyelesaikan itu lagi…. ^_^
Dan benerlah sesuai dengan informasi yang diterima ketika seleksi tulis terdapat 10 soal pilihan ganda dan 2 soal esay. Semua soal pilihan ganda terkait jurusan. Karena saya jurusan teknik lingkungan soal saya terkait pengolahan limbah, efisiensi pengolahan dan lain sebagianya. Dan 2 soal esay yang memuat terkait penalaran kita tenang jurusan yang kita ambil sejauh mana kita memahami jurusan kita. Seleksi tulis ini harus kelar dalam waktu 60 menit / 1 jam
Setelah selesai seleksi tulis, dilanjutkan dengan seleksi wawancara dan disini kita dikumpulkan dengan sesama temen-temen sejurusan yang ikut seleksi masuk program magister. Karena seleksi wawancara berada di prodi masing-masing. Yang mewawancari ada 2 profesor, dengan bergantian untuk seleksi wawancara. Sembari menunggu antrian meluangkan waktu untuk bercengkrama dan berkenalan dengan temen-temen yang mengambil prodi sama. Yah paling tidak membangun emosional diawal barangkali mereka menjadi temen kita ketika lulus. Ingat JIKA LULUS….^_^
Setelah menunggu sekitar hampir 2 jam akhirnya giliran saya untuk maju. Saya merasa rilex ketika masuk karena melihat temen-temen yang ketika keluar dari seleksi wawancara senyum merekah mereka terlihat jelas-jelas bahagia. Saya tidak tahu itu senyum ikhlas atau senyum palsu T_T.
Benerlah ketika saya masuk kedalam ruangan yang ber-AC ditambah kesunyian ruangan, dan juga aura dan tampang ibu dosen yang bisa dibilang tidak bersahabat membuat bulu kuduk saya berdiri…. lol
Akhirnya pertanyaan pertaama ditanyakan nama dan alasan memilih its dengan ditambah sedikit senyuman membuat saya menjadi lebih rilex… namun pertanyaan seanjutnya yang seakan-akan senyuman diawal merupakan pertanda bahwa lu gak gampang masuk sini bray… seakan akan mental kita diuji kembali dari pertanyaan skripsi (serasa kembali sidang skripsi bray) sampai dengan ada nilai C di Transkippun di persoalkan… yah maklum lah ITS…
Dan parahnya lagi karena nilai saya belum sesuai standard 477 itupun dipersoalkan. Yah untungnya ketika itu saya sudah daftar kursus B.Inggiris Di Pare Kediri… jadi ada jawaban yang lantang untuk disampaikan. Akhirnya selesai juga wawancaranya… dan akhirnya saya keluar dengan memberi senyum kepada temen-temen… dan disitulah saya mengetahui makna dari senyuman temen-temen yang keluar sebelumnya….
Saran saya bagi yang akan melakukan seleksi wawancara sebaiknya kalian mengakui kelemahan kalian dan berusaha untuk memperbaiki kelemahan dengan belajar. Gak perlu kebanyakan ngeles bray… terlebih anda mempunyai bukti untuk memperbaiki. Contoh jika kalian lebah di B.Ingris kasih bukti pendaftaran kursus B. Ingris. Lemah di satu matakuliah maka beri keyakinan untuk mengungkapakan saya sanggup untuk belajar lebih…

Oke... semoga bermanfaat dan semoga sukses bagi yang akan mengikuti seleksi… dan semoga diterima di ITS….. Aamiin

Komentar

  1. halo kak salam kenal aku afia, kebetulan aku daftar prodi tekling its. boleh tau kisi2 materi tes bidang sama wawancaranya? aku nanya ig prodinya gak ada jawaban samsek soalnya ehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar